Teori Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia



Assalamu'alaikum

Sesuai judul post kali ini, saya akan berbagi ringkasan mengenai teori masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Kedatangan Islam ke Nusantara mempunyai sejarah yang sangat panjang. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para tokoh dunia mengenai asal-usul Islam ke Indonesia. Terdapat berbagai pendapat mengenai proses masuknya Islam ke Kepulauan Indonesia, terutama perihal waktu dan tempat asalnya. Empat teori yang akan dibahas ini masing-masing memiliki kekurangan, dikarenakan belum pasti mana teori yang benar (namun, saya belum mendapat info mengenai kekurangan dari teori China), . Namun tidak ada juga teori yang salah, semua teori memiliki andil.




TEORI MEKKAH 

Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) mengatakan bahwa Islam datang dari tanah kelahirannya sendiri, yaitu Arab atau Mesir. Menurut Beliau, proses ini berlangsung pada abad ke-7 M (abad-abad pertama Hijriah). Anthony H. Johns juga sependapat dengan Buya Hamka, menurutnya proses Islamisasi dilakukan oleh para musafir atau kaum pengembara yang datang ke Kepulauan Indonesia. Kaum pengembara ini biasanya mengembara dari satu tempat ke tempat lainnya dengan motivasi untuk menyebarkan Agama Islam. Salah satu dasar teorinya adalah adanya perkampungan di Sumatera bagian barat, pada saat itu di Timur Tengah Khalifah Umar bin Khatab menginginkan Agama Islam menyebar. Kemudian Beliau mengirim delegasi ke China, nah delegasi itu singgah terlebih dahulu di Indonesia (mereka lewat jalur laut), lalu mereka mendirikan perkampungan Islam di Sumatera bagian barat. Tokoh-tokoh lain juga sependapat dengan A.H Johns dan Buya Hamka, berikut saya rangkum.


Buya Hamka
  • Pendukung Teori Mekkah : Buya Hamka, Anthony H. Johns, T.W Arnold, Van Leur
  • Bunyi Teori Mekkah         : "Proses masuknya Islam ke Indonesia terjadi pada abad ke-7 (647M), dan langsung dibawa oleh para musafir Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Agama Islam".
  • Dasar Teori Mekkah         :
    1. Pada abad ke-7 di pantai timur Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Dinasti Umayah).
    2. Kerajaan Samudra Pasai menganut mahzab Syafi'i, dimana pengaruh mahzab Syafi'i terbesar pada waktu itu adalah Mekkah dan Mesir.
    3. Raja-raja Samudra Pasai menggunakan gelar Al Malik, yaitu gelar yang umumnya berasal dari Mesir.
  • Kelemahan Teori              : Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan Bangsa Arab dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia.




TEORI GUJARAT

Sarjana-sarjana Barat kebanyakan dari Negeri Belanda mengatakan bahwa Islam yang masuk ke Kepulauan Indonesia berasal dari Gujarat sekitar abad ke-13 M atau abad ke-7 M. Pendapat ini mengasumsikan bahwa Gujarat terletak di India bagian barat, berdekatan dengan Laut Arab. Letaknya sangat strategis berada di jalur perdagangan antara timur dan barat. Pedagang Arab yang bermahzab Syafi'i telah bermukim di Gujarat dan Malabar sejak awal tahun Hijriyah (Abad ke-7 M). Menurut J. Pijnapel sendiri, orang yang menyebarkan Agama Islam ke Indonesia bukanlah dari Arab atau Mekkah, melaikan dari Gujarat yang telah masuk Islam dan berdagang ke daerah timur. Hal itu menyangkal teori Mekkah. Argumentasi Pijnapel didukung oleh C. Snouck Hurgronye dan J.P Moquetta. Argumentasinya didasarkan padabatu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang wafat pada 17 Dzulhijjah 831  H atau 1297 M di Pasai, Aceh. Menurutnya, batu nisan di Pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik, Jawa Timur, memiliki bentuk yang sama dengan batu nisan yang terdapat di Gujarat. Moquetta menyimpulkan bahwa batu nisan itu kemungkinan diimpor dari Gujarat, atau dibuat oleh orang Gujarat. Berikut saya rangkum :


Snouck Hurgronje
  • Pendukung Teori Gujarat : J. Pijnapel, Snouck Hurgronje, Bernard H.M Vlekke, J.P Moquetta, W.F Stutterheim
  • Bunyi Teori Gujarat         : "Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 dan pembawanya adalah pada pedagang dari Cambay, India."
  • Dasar Teori Gujarat          :
    1. Hubungan dagang Indonesia dengan India telah lama terjalin melalui jalur Indonesia - Cambay - Timur Tengah - Eropa.
    2. Adanya batu nisan sultan Samodra Pasai yaitu Sultan Malik Al Saleh tahun 1297 M dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat pada tahun 1419 di Gresik, Jawa Timur, memiliki bentuk yang sama dengan batu nisan yang terdapat di Cambay, India.
    3. Catatan Marco Polo bahwa di Perlak sudah banyak yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam India yang menyebarkan Agama Islam.
  • Kekurangan Teori            :
    1. Tidak dijelaskan antara masuk dan berkembangnya Islam.
    2. Kerajaan Samodra Pasai menganut mahzab Syafi'i, sedangkan Gujarat adalah penganut mahzab Hanafi.
    3. Ketika islamisasi Samodra Pasai, Gujarat masih merupakan sebuah Kerajaan Hindu, baru satu tahun kemudian Gujarat ditaklukan oleh kekuasaan Muslim. 





TEORI PERSIA

Kalian tahu Persia? Ya, Persia juga disebut Iran. Hoesein Djajadiningrat mengatakan bahwa Agama Islam datang ke Indonesia dibawa oleh kaum Syi'ah yang berasal dari Persia (Iran). Yang dimaksud kaum Syi'ah adalah sekumpulan orang yang menganut aliran Syi'ah. Aliran Syi'ah itu salah satu aliran yang belum tentu kebenarannya dalam Islam. Aliran Syi'ah sendiri juga ada bermacam-macam diantaranya aliran yang ajarannya ada yang menyimpang dari ajaran Nabi Muhammad SAW, atau Ahli Bid'ah. Kembali lagi ke Teori Persia, saat Dinasti Abasya, kamu Syiah kemudian melarikan diri ke Indonesia dan mengajarkan Islam. Buktinya, peringatan 10 Muharam (sucinya orang syiah), bubur syura (Jawa), Tabut (Sumatera Barat). Lanjut ke rangkuman berikut :

Husein Djajadiningrat

  • Pendukung Teori Persia : Umar Amir Husen, Hoesein Djajadiningrat
  • Bunyi Teori Persia         : "Agama Islam masuk ke Indonesia dengan dibawa oleh kaum Syi'ah yang berasal dari Persia (Iran)".
  •  Dasar Teori Persia         :
    1. Adanya kesamaan budaya Persia dengan budaya masyarakat Indonesia (peringatan 10 Muharam/Asyura, Tabut, pembuatan bubur Syura).
    2. Kesamaan ajaran sufi yang dianut Syaikh Siti Jenar dengan sufi dari Iran yaitu Al Hallaj.
    3. Penggunaan istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi.
    4. Adanya kesamaan seni kaligrafi pahat pada batu-batu nisan.
  • Kekurangan Teori          : Bila berpedoman bahwa Islam masuk pada abad ke-7, hal ini berarti terjadi pada masa kekuasaan Khalifah Umayyah. Sedangkan saat itu kepemimpinan Islam si bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan berada di Mekkah, Madinah, Damaskus, dan Baghdad. Jadi, belum memungkinkan bagi Persia untuk menduduki kepemimpinan dunia Islam saat itu.




TEORI CHINA

Yang saya ketahui, Teori China ini merupakan teori yang tergolong baru. Sebelumnya, hanya terdapat Teori Mekkah, Teori Gujarat, Teori Persia yang biasa disampaikan kepada siswa mengenai teori masuknya Agama Islam di Indonesia. Ibu Guru sejarah saya menyampaikan karena Teori China tergolong baru, maka sulit untuk mencari informasi mengenai Teori China. Seperti mencari kekurangan atau kelemahan teorinya belum Beliau temukan infonya. Langsung ke rangkuman berikut:


  • Pendukung Teori China : Slamet Mulyana, Sumanto Al Qurtuby
  • Bunyi Teori China         : "Agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh perantau China".
  • Dasar Teori China          :
    1. Sekitar tahun 879, terjadi perpindahan orang-orang Islam dari Canton ke Asia Tenggara (Kedah ke Palembang).
    2. Raja pertama di Jawa (Raden Patah dari Bintaro Demak) merupakan keturunan China. Ibunya disebutkan berasal dari China.
    3. Berdasarkan Hikayat Hasanudin dan Sejarah Banten, nama dan gelar raja-raja Demak ditulis dengan menggunakan istilah China.
    4. Adanya masjid-masjid tua berarsitektur China di Pulau Jawa.
    5. Menurut catatan China, pelabuhan-pelabuhan diduduki pertama-tama oleh pedagang China.
  • Kekurangan Teori          : -


Apakah kalian menemukan kata-kata yang belum kalian mengerti artinya?
1. Mahzab : Istilah dari bahasa Arab, yang berarti jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak(Wikipedia). Mahzab = aliran
2. Islamisasi : Proses persebaran Agama Islam.
3. Perlak (Kerajaan Perlak) : Daerah yang berada di pesisir timur Aceh.
4. Hikayat : Sebuah karya sastra yang isinya menceritakan atau mengisahkan tentang sesuatu hal.
5. Marco Polo : Seorang penjelajah dan pedagang berkebangsaan Eropa.
6. Tabut : Perayaan lokal dalam rangka memperingati Asyura, gugurnya Imam Husein, cucu Muhammad, yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau di daerah pantai Sumatera Barat, khususnya di Kota Pariaman.

Sampai disini dulu mengenai Teori Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia. Mengenai kritik dan saran atau masukan saya buka selebar-lebarnya, silakan :)

Thanks to buku Sejarah Indonesia K13

Wassalamu'alaikum

Comments

  1. Fotonya habib riziq kok.namanya Sumanto al qurtuby??😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Maaf dalam teori china itu fotonya Habib Rizieq Syihab yah hehe. Artikelnya bermanfaat, kunjungan baliknya yah http://pensilbelajar.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. itu foto habib rizieq kenapa jadi sumanto al qurthubi wkwkwk. sehat terus habib

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe maaf udah lama postingnya, baru saya hapus fotonya. terima kasih :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tembang Macapat (ciri-ciri macapat, urutan (jenis) macapat, manfaat macapat, paugeran macapat)

50 SOAL MANAJEMEN PILIHAN GANDA DAN JAWABAN

LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUKTIAN ADANYA SENYAWA KARBON (C) DALAM SENYAWA ORGANIK