Journal Review: Identification of Mumps Virus Protein and Lipid Composition by Mass Spectrometry

Sari Rahmah Handayani

Journal Review
Identification of Mumps Virus Protein and Lipid Composition by Mass Spectrometry

Brgles, M., M. Bonta, M. Šantak, M. Jagušić, D. Forčić, B. Halassy, G. Allmaier, and M. Marchetti-Deschmann. 2016. Identification of mumps virus protein and lipid composition by mass spectrometry. Virology Journal. 13(9): 1-10.

Virus gondong adalah virus RNA rantai tunggal negatif atau (-)ss RNA virus. Virus gondong termasuk ke dalam familia Paramyxoviridae, subfamilia Paramyxovirinae, dan genus Rubulavirus. Virion memiliki ukuran sebesar 100-800 nm. Virus ini memiliki inti ribonucleocapsid yang diselimuti oleh membran lipid yang berasal dari sel inang. Virus ini dapat menyebabkan penyakit gondong yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin. Envelope lipid dan pola glikosilasi tidak dikodekan oleh virus tetapi tergantung pada sel inang sampai batas tertentu. Protein virus gondong telah diselidiki pada tahun 1970-an dan 1980-an menggunakan teknologi yang tersedia saat itu. Sebagian besar protein gondong terdeteksi, dilakukan karakterisasi yang terbatas, dan ditemukan virus yang mirip dengan Paramyxovirus tetapi sebagian besar tidak dikonfirmasi secara jelas. Virus gondong tergantung pada sel inang dan virus yang berasal dari sel Vero mengandung glikolipid hingga lima unit monosakarida. Proteom virus gondong ditemukan mengandung lebih dari satu bentuk nukleoprotein yang fungsinya masih harus ditentukan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis L-Zagreb (L-Zg) dan Jeryl Llynn 5 (JL5) lipid virus gondong dan protein yang berasal dari dua jenis sel yaitu Vero dan Chicken Embryo Fibroblasts (CEF). Genom dari virus gondong L-Zagreb (L-Zg) telah sepenuhnya dikarakterisasi dan pada jurnal ini melaporkan hasil lipid dan protein virus gondong L-Zg untuk pertama kalinya secara menyeluruh.
Lipid virus diisolasi dengan ekstraksi fase organik dan kromatografi lapis tipis kinerja tinggi. Ekstraksi lipid dan identifikasi dilakukan dengan Matrix-Assisted Laser Desorption/Ionization Mass Spectrometry (MALDI MS). Sampel virus dielektroforesis dengan elektroforesis gel dalam kondisi denaturasi dan pita protein dikeluarkan, in-gel trypsin, serta diidentifikasi oleh MS dan tandem MS. Prinsip kerja dari spektrofotometri massa yaitu dengan memanfaatkan proses ionisasi dan pembelokan elektron.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lipid dari kedua galur virus gondok yang berasal dari sel Vero mengandung glikolipid kompleks dengan lima unit monosakarida, sedangkan pola lipid dari virus gondong yang berasal dari CEF kurang kompleks. Virus gondong ditemukan mengandung protein struktural dengan pengecualian protein fusi (F) yang tidak terdeteksi, tetapi protein V terdeteksi. Temuan paling menarik terkait dengan protein virus gondong adalah deteksi bentuk nukleoprotein (NP)
Perbedaan yang ditemukan dalam kandungan lipid dan protein virus gondong menunjukkan pentingnya dilakukan karakterisasi biokimiawi secara detil dari virus gondong dan metodologi yang dijelaskan pada jurnal dapat memberikan cara yang lebih komprehensif untuk mengontrol kualitas dalam produksi vaksin

Comments

Popular posts from this blog

Tembang Macapat (ciri-ciri macapat, urutan (jenis) macapat, manfaat macapat, paugeran macapat)

50 SOAL MANAJEMEN PILIHAN GANDA DAN JAWABAN

LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUKTIAN ADANYA SENYAWA KARBON (C) DALAM SENYAWA ORGANIK