Perusahaan Bioteknologi di Indonesia

Tugas Kuliah Bioteknologi Kelas A

1. Salah satu contoh perusahaan Bioteknologi yaitu Samro Technology Indonesia. Perusahaan tersebut berlokasi di Griya Purwa Asri E-319, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta, Indonesia. Samro Technology Indonesia memiliki fokus bidang usaha utama pada: agro industri; pupuk hayati; pupuk organik; pestisida hayati dan pestisida organik; konservasi lingkungan dan sumber daya air; penanganan bencana dan penanganan limbah industri; survey, pemetaan, citra satelit dan sistem informasi; dan konsultan manajemen dan teknik industri terintegrasi.

2. a. Research & Development (R&D): Sebagai industri yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan maka dimulai dengan penelitian masalah hama dan penyakit tanaman serta pengembangan pertanian dan perkebunan berbasis organik. Dalam perkembangannya industri ini mengembangkan penanggulangan hama dan penyakit tanaman berbasis hayati (mikroorganisme) dan organik (nabati). Produk yang dihasilkan adalah pupuk hayati, pupuk organik dan pestisida organik. Bersamaan dengan dihasilkannya produk-produk berbasis hayati dan organik juga dikembangkan teknologi untuk melakukan pemulihan lingkungan akibat kerusakan yang dilakukan oleh aktifitas alam, aktivitas manusia, dan industri. Samro Technology Indonesia juga mengembangkan teknologi pemantauan aktifitas geologi dan cuaca secara real time.
b. Aplikasi Produk: Produk terbagi menjadi tiga bidang yaitu agrikultur (pupuk dan pestisida), remediasi, dan industrial. Contoh produk yang dihasilkan yaitu SAMRO TANAH (berfungsi untuk memulihkan unsur hayati tanah), SAMRO BUAH (meningkatkan hasil, kualitas, dan produksi tanaman), dan SAMRO BIOPLUS (mencegah hama dan penyakit).
c. Cakupan Pemasaran: Cakupan pemasaran seluruh perusahaan di tingkat internasional yang terkait dan masyarakat yang berprofesi sesuai dengan bidang usaha Semro Teknologi Indonesia misalnya yaitu petani.
d. Mitra kerjasama: Mitra kerjasama perusahaan Sermo Teknologi Indonesia yaitu perusahaan-perusahaan di Indonesia baik swasta maupu negeri yang berkaitan dengan lingkungan, pertanian, sumber daya air, kebencanaan, maupun minyak dan gas.
Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Tembang Macapat (ciri-ciri macapat, urutan (jenis) macapat, manfaat macapat, paugeran macapat)

50 SOAL MANAJEMEN PILIHAN GANDA DAN JAWABAN

LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUKTIAN ADANYA SENYAWA KARBON (C) DALAM SENYAWA ORGANIK